Memasang Komentar Disqus di Blog

Thanks telah berkunjung, silahkan baca dan praktek :D
Cara memasang kotak komentar disqus di blogger. Beberapa hari ini saya menggunakan kotak komentar disqus (tapi sekarang sudah menggunakan kotak komentar Blogger kembali) karena ingin tahu langsung bagaimana rasa menggunakan kotak komentar tersebut dan sekaligus ingin membuat tutorial memasang serta sedikit ulasan kelebihan dan kekurangan yang semuanya berdasarkan pengalaman. Sejujurnya, kotak komentar tersebut luar biasa fiturnya...ditambah lagi kemudahan memasangnya menjadi keistimewaan tersendiri, karena proses pendaftaran hingga pemasangan hanya membutuhkan beberapa menit (3-5 menit).




Sebelum kita membahas cara memasangnya, admin akan memaparkan beberapa kelebihan kotak komentar disqus dibanding kotak komentar bawaan blogger:
  • Memiliki fitur like dan dislike (seperti facebook)
  • Real-time discussion mode..., teman-teman bisa chat dengan orang yang sedang ada di halaman komentar tersebut (ketika dia masih ON) dengan menggunakan tag @, ex: @Rey Zaviier...dan bahkan ada notifikasi orang yang sedang kita ajak chat bahwa ia sedang menulis balasan ke komentar kita.
  • Anti-spam, alias nggak ada spam di disqus (walaupun ada, itu sedikit sekali...karena harus dilakukan secara manual. Jarang sekali ada spammer yang ingin berlama-lama menghabiskan waktu untuk menyebarkan pesan spam mereka)
  • Easy moderation. Memoderasi komentar2 yang masuk sangat gampang sekali.
  • Bisa dipasang di web yang berbasis apa pun (termasuk blogger).
  • Proses integrasi dengan web hanya membutuhkan 2-3 menit; Tinggal klik dan klik.
  • Menjadi solusi tepat untuk meminimalisir unrelated link yang masuk di komentar kita serta meminimalisir inbound link, di mana para master SEO bilang jika kedua hal tersebut banyak terdapat di blog kita (apa lagi di halaman post) maka SEO blog kita akan kurang bagus
  • Kotak komentar Disqus tidak SEO friendly (kecuali yang terintegrasi di web wordpress), so nggak masalah jika ada pengunjung yang memposting link mereka di kotak komentar.
  • Dan sebagainya...(masih banyak euy, monggo di explore sendiri)

Lalu, bagaikan peretak..."tak ada gading tak patah". Hal ini juga berlaku untuk disqus. Walau disqus menawarkan banyak fitur, maka tidak berarti kotak komentar pihak ketiga ini tidak memiliki kekurangan. Berikut kekurangan disqus yang paling sering didengung-dengungkan oleh para Blogger (termasuk saya):

  • Komentar lama blogger yang telah ada di blog kita tidak terhitung dalam kotak komentar disqus (gak hilang lho, cuma nggak dimunculkan), walaupun disqus sendiri telah memiliki fitur yang bernama impor (import comments from blogger)
  • Setiap kali pengunjung melakukan komentar, maka tidak ada pageviews yang bertambah. Hal ini bertolak belakang dengan kotak komentar bawaan Blogger. Setiap kali pengunjung meninggalkan komentar, maka ada pageviews yang bertambah (pageviews juga penting lho buat alexa, hehe).
  • Dsb

Beberapa pertanyaan sebelum memasang disqus:

  • Masangnya sulit nggak? Nggak kok sob, sobat tinggal daftar seperti biasa, klik dan klik atau simak aja postingan ini sampai selesai. Hehe
  • Kotak komentar disqus berat nggak? Kotak komentar disqus tidak berat, dan proses load-nya juga stabil.
  • Apakah SEO blog saya akan jadi jelek jika menggunakan kotak komentar disqus? Tidak, karena semua aktifitas di kotak komentar disqus tidak terekam oleh robot search engine (kecuali disqus yang terintegrasi dgn wordpress). Hal ini dikarenakan search engine memiliki kinerja yang minim terhadap java-script
Cara memasang kotak komentar disqus di blogger:
1. Silahkan untuk mengunjungi http://disqus.com
2. Klik "Add Disqus to Your Site
3. Yang belum punya akun, silahkan Sign Up..yang udah punya silahkan Sign In
4. Lalu perhatikan gambar
5. Klik "Finish Registration" 
6. "Choose your platform" pilih Blogger
7. klik "Add bablabla to my Blogger site" atau pilih nomor.1
8. pilih "Menambah Widget"
9. Selesai

Tidak ada komentar...Leave one now

© 2013. fathin 93. Design by Viet Phuong